IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KURIKULUM (KTSP) DI MTsN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2014/2015

Munawir, Muh (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH PADA KURIKULUM (KTSP) DI MTsN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Muh. Munawir_12108009.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk :1) Mengetahui pembelajaran fiqih di MTsN Karanggede boyolali.2.) Mengetahui Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fiqih di MTsN Karanggede Boyolali tahun 2014 /2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antara variabel, atau penguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih di MTsN Karanggede Boyolali dinilai baik. Guru melakukan pembelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati, dan mengamalkan hukum islam yang mengarahkan siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran fiqih tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran fiqih di MTsN Karanggede Boyolali berjalan dengan baik. dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dengan Pendekatan kontekstual merupakan suatu pendekatan yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materi yang telah diperoleh peserta didik kedalam dunia nyata. siswa dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna, baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2016 05:47
Last Modified: 10 Feb 2016 05:51
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/100

Actions (login required)

View Item View Item