TESIS IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI (Studi Kasus Atas Pelaksanaan Kepengawasan di Kabupaten Gunungkidul DIY)

Sujiyati, Sujiyati (2016) TESIS IMPLEMENTASI MODEL SUPERVISI KLINIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI (Studi Kasus Atas Pelaksanaan Kepengawasan di Kabupaten Gunungkidul DIY). Masters thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis sujiyati supervisi PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT Sujiyati, 2016. Implementasi Model Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru PAI, Studi kasus atas pelaksanaan Kepengawasan di Kabupaten Gunungkidul DIY. Tesis. Konsentrasi Supervisi Pendidikan Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Kata Kunci: Supervisi Klinis, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan implementasi model supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru PAI, untuk mengetahui hambatan yang mempengaruhi dan solusinya dalam implementasi model supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru PAI, untuk mengetahui sejauh mana implementasi model supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI. Penelitian ini mengambil lokasi di Kantor Kementrian Agama Kabupaten Gunungkidul terletak di Jl.Brigjen.Katamso,No 13, Wonosari, Gunungkidul Yogyakarta Kode Pos,55813. Di SMPN 1 Karangmojo dan SMPN 3 Karangmojo Gunungkidul. Untuk memperjelas isi tesis ini peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:(1) Bagaimanakah pelaksanaan implementasi model supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru PAI ? (2) Bagaimanakah hambatan dan solusinya dalam implementasi model supervisi klinis untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru PAI? (3) Sejauh mana implementasi model supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru PAI? Untuk menjawab permasalahan tersebut menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan fenomenologis dan deskreptif naturalistik, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedang teknik analisa data dengan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan implementasi model supervisi klinis sudah cukup baik, terbukti tindakan riil yang dilakukan pengawas secara sistimatis dan terprogram, sudah melaksanakan siklus pendahuluan, observasi dan siklus balikan dengan baik; 2) hambatan yang dihadapi antara lain jumlah pengawas tidak seimbang dengan jumlah guru dan sekolah, asumsi guru, letak geografis, sarana prasarana, waktu, biaya, dan kebijakan pemerintah. Upaya tindak lanjut yang dilakukan pengawas dengan membangun pola hubungan kolega, menciptakan sistim kolaborasi dengan kepala sekolah dan guru, memperbaiki asumsi guru, penyusunan jadwal secara sistimatis, memanfaatkan sarana prasarana dengan baik (3) implementasi model supervisi klinis benar-benar dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan kompetensi Profesional guru PAI, terlihat dari beberapa fakta perubahan pada guru semakin kreatif menyusun perencanaan dan pelaksanaan serta laporan mengajar berbasis ICT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Supervisi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2016 06:49
Last Modified: 06 Oct 2016 06:49
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1000

Actions (login required)

View Item View Item