PENGEMBANGAN E-MODUL MELALUI FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POLYA UNTUK MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV MIN 5 DEMAK

Qoyyimah, Maria Nurul (2020) PENGEMBANGAN E-MODUL MELALUI FLIPBOOK MAKER BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POLYA UNTUK MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS IV MIN 5 DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS MARIA NURUL QOYYIMAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengembangan E-Modul Melalui Flipbook Maker Berbasis Model Pembelajaran polya Untuk Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV MIN 5 Demak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Emodul dengan menggunakan aplikasi flipbook maker pada materi soal cerita. Untuk melihat respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar E-modul dengan menggunakan aplikasi flipbook maker pada pokok bahasan soal cerita. Penelitian dijalankan menggunakan Research & Development. Tahap validasi desain melibatkan ahli materi, ahli media dan ahli bidang pendidikan dan pembelajaran. Penilaian kelayakan oleh para ahli menggunakan lembar validasi. Tahap uji coba melibatkan 30 orang peserta didik (15 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 15 peserta didik uji coba kelompok besar). Adapun hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) telah berhasil menjelaskan dengan detail prosedur pengembangan E-modul berbasis Polya pelajaran Matematika materi Soal Cerita (2) menjelaskan dengan detail penggunaan E-modul berbasis Polya pelajaran Matematika materi soal cerita (3) produk pengembangan ini telah terbukti efektif untuk meningkatkan daya kritis siswa yang didasarkan pada hasil angket yang didapat dari tanggapan validator, ahli materi sebesar 81,48%, ahli media sebesar 82,35%, ahli bidang pendidikan dan pembelajaran sebesar 85,41% dan respon siswa pada uji coba kelompok kecil sebesar 84,70% serta respon siswa pada uji coba kelompok besar sebesar 83,46%. Hasil analisis menggunakan SPSS kemudian disimpulan bahwa nilai Sig 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka artinya H0 diterima otomatis H1 ditolak. sehingga hasil penelitian menunjukkan, ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan E-modul dengan yang tidak menggunakan E-modul. Kata Kunci : E-modul, Flipbook Maker, Soal Cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2020 09:22
Last Modified: 18 Nov 2020 02:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10011

Actions (login required)

View Item View Item