ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII A SMP NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

Febriani, Ilma Fiana (2020) ANALISIS KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII A SMP NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Ilma 6 Full_edit.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Febriani, Ilma Fiana, 2020. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita dalam Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial berdasarkan Prosedur Newman pada Siswa Kelas VII A SMP NU Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2020. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Tadris Matematika. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Soal Cerita, Prosedur Newman. Siswa kelas VII A SMPN NU Suruh membuat kesalahan pada saat mengerjakan soal cerita pokok bahasan aritmatika sosial. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui penyebab hal tersebut terjadi adalah dengan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis dan penyebab kesalahan siswa dengan prosedur Newman dalam menyelesaikan soal cerita masalah matematika pokok bahasan aritmatika sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 9 dari 26 siswa kelas VII A, masing-masing terdiri atas 3 siswa dari kelompok atas, sedang, dan bawah. Pengelompokan didasarkan perankingan hasil tes peserta didik, kemudian dipilih 3 siswa dengan nilai terendah dari masing-masing kelompok. Setiap subjek penelitian diwawancarai terkait hasil pekerjaannya pada soal pokok bahasan aritmatika sosial. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Diperoleh kesimpulan, siswa berusaha untuk mengimplementasikan prosedur Newman saat mengerjakan soal matematika. Namun, karena kurang terbiasa, sering terjadi adanya langkah yang tidak dilakukan, yaitu pada langkah penulisan jawaban. Untuk jenis kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal, tidak ada siswa yang melakukan jenis kesalahan membaca. Kesalahan baru dilakukan siswa pada saat memahami masalah. Jenis kesalahan memahami masalah penyebabnya karena tidak paham dengan kalimat dalam soal dan tidak terbiasa dengan soal yang seperti peneliti berikan. Jenis kesalahan selanjutnya yang dilakukan siswa adalah kesalahan transformasi. Penyebabnya karena siswa kurang konsentrasi, tidak terbiasa dengan soal yang diberikan, tidak ingat materi yang pernah diajarkan, tidak ingat rumus yang digunakan, dan tidak fokus dalam menyelesaikan soal. Jenis kesalahan selanjutnya adalah kesalahan keterampilan proses. Penyebabnya karena kurang teliti dalam proses perhitugan menyelesaikan soal.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 09:41
Last Modified: 19 Nov 2020 05:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10034

Actions (login required)

View Item View Item