EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BLAJAR DI ERA DISRUPTIF (Studi Kasus Desa Kacepit Selopampang Temanggung)

Nurwalidah, Ziana (2020) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BLAJAR DI ERA DISRUPTIF (Studi Kasus Desa Kacepit Selopampang Temanggung). [UNSPECIFIED]

[img] Text
1603678914223_skripsi ziana nurwalidah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurwalidah, Ziana. 2020. Efektivitas Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Era Disruptif. Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, IAIN Salatiga. Pembimbing: AgungSuprapto, S. T, M. Eng. Kata Kunci: Komunikasi, Orang tua, Anak, Motivasi Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Era Disruptif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak yang berada di Desa Kacepit Selopampang Temanggung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden yang terdiri dari 30 responden orang tua dan 30 responden anak. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif metode statistik. Hasil penelitian menggunakan aplikasi olah data SPSS 21 menunjukkan bahwa, dalam analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai koefisien regresi komunikasi orang tua sebesar 0,491 (49,1 persen), dan nilai koefisien regresi komunikasi anak sebesar 0,663 (66,3 persen). Uji simultan (uji F) dapat dilihat bahwa nilai F hitung besar 73.207 dengan angka signifikasi (P value) sebesar 0,000. Dengan tingkat signifikansi 95 % (a = 0,05). Angka signifikansi (P value) sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut berarti bahwa efektivitas dan hubungan komunikasi interpersonal orang tua dan anak sangat berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar diera disruptif.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 09:58
Last Modified: 19 Nov 2020 06:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10037

Actions (login required)

View Item View Item