PEMBINAAN MORAL KEAGAMAAN SISWA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020

LAKSONO, KABUL (2020) PEMBINAAN MORAL KEAGAMAAN SISWA OLEH GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK SARASWATI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Kabul Laksono 23010160051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Laksono, Kabul. 2020. Pembinaan Moral Keagamaan Siswa Oleh Guru Pendidikan Agma Islam di SMK Saraswati Salatiga Tahun pelajaran 2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anisatun Murtafiah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru Pendidikan Agma Islam, Membina Moral Keagamaan Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam membina moral keagmaan siswa di SMK Saraswati Salatiga. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membina moral keagamaan siswa di SMK Saraswati Salatiga. Jenis Penelitian skripsi ini penelitian lapangan (field research) kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni pengamatan dan wawancara pada kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, siswa, dan sumber sekunder yang menunjang penelitian. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Moral Keagamaan Siswa di SMK Saraswati Salatiga, diantaranya a. Strategi pendekatan personal dilaksanakan secara rutin dengan kontrol siswa yang diawasi oleh guru dan pendekatan guru dengan siswa secara individu maupun kelompok. b. Strategi melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi workshop siswa, sholat wajib dan sunnah berjamaah, pembacaan ayat suci al-Quran, pembacaan Asmaul Husna, dan hafalan surat-surat pendek, dan kegiatan sosial. (2) Faktor Pendukung Dalam Membina Moral Keagamaan Bagi Siswa SMK Saraswati Salatiga, diantaranya: a. faktor internal meliputi latar belakang keluarga dan individu masing-masing siswa. b. faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah dan masyarakat. Faktor Penghambat Dalam Membina Moral Keagamaan Siswa Di SMK Saraswati Salatiga, meliputi: a. latar belakang siswa yang berbeda-beda. b. kurangnya kerja sama orang tua dengan guru.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 10:08
Last Modified: 19 Nov 2020 03:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10038

Actions (login required)

View Item View Item