IMPLEMENTASI HIDDEN CURICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNG PRING KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2020

CAHYONO, IRVAN DWI (2020) IMPLEMENTASI HIDDEN CURICULUM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP TERPADU MA’ARIF GUNUNG PRING KECAMATAN MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Irvan Dwi Cahyana_23010160360.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cahyana, Irvan Dwi. 2020. Implementasi Hidden Curiculum Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Terpadu Ma’arif Gunug Pring Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang Tahun 2020. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga: Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Hidden Curicullum, Pembentukan Karakter, Siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi atau penerapan hidden curicullum dalam pembentukan karakter. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di lapangan disusun dengan memilih dan menyederhanakan data. Kemudian dilakukan penyajian data untuk ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah implementasi hidden curicullum dalam pembentukan karakter siswa SMP Terpadu Maarif Gunung Pring Muntilan yaitu menanamkan 8 karakter. (1). Karakter religius, yaitu melalui kegiatan apel pagi yang diisi dengan membaca surat pilihan terdiri dari (Al-Mulk, Al-Waqiah, Yasiin), sholat jamaah dzuhur dan asar, sholat sunah dhuha dan sunah qobliyah ba’diyah, ziarah kubur dan refleksi asmaul husna. (2). Disiplin, yaitu dengan adanya peraturan apel pagi setiap hari jam tujuh kurang seperempat. (3). Mandiri, karakter mandiri dilakukan dengan kegiatan jumat bersih. (4). Tanggung Jawab, adanya kegiatan jadwal piket kelas. (5). Kerja Sama, adanya jum’at bersih juga melatih kerja sama siswa. (6) Nasionalisme, menyanyikan lagu indonesia raya setiap apel pagi. (7) Gemar Membaca, melalui diadakanya membaca asmaul husna dan surah pendek setiap hari. (8). Jujur, melalui refleksi asmaul husna diharapkan anak memiliki sikap jujur. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara terus menerus oleh siswa dan seluruh guru diiringi dengan pemantauan setiap hari melalui guru piket dan buku penghubung wali murid untuk mengontrol dan mengevaluasi perilaku siswa setiap hari. Sehingga perkembangan pembentukan karakter siswa dapat diketahui. Maka terbukti bahwa hasil penelitian pada implementasi hidden curicullum dalam pembentukan karakter siswa SMP Terpadu Maarif Gunung Pring sudah berjalan dengan baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 10:48
Last Modified: 19 Nov 2020 03:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item