PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AFEKTIF DI SMP DARUSSALAM KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG

ROCHMAN, FARIT SAIFUR (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AFEKTIF DI SMP DARUSSALAM KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS FARIT fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah model pembelajaran yang di sekolahan masih monoton dan rendahnya hasil belajar ranah afektif peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di kelas VII D di SMP Darussalam Bergas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif peserta didik. Penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) ini menggunakan model 4D yaitu Define, Design, Development dan Dissemination. Tahap Define (pendefinisian) adalah analisis kebutuhan yang terdiri dari observasi awal dan analisis kurikulum. Tahap Design (perancangan) adalah pengembangan model yang terdiri dari pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan bahan ajar pendukung. Tahap Development (pengembangan) yaitu uji ahli yang terdiri dari ahli Pendidikan dan ahli materi. Tahap Dissemination (penyebarluasan) dari penelitian ini hanya sebatas lingkungan SMP Darussalam Bergas setelah di lakukan uji coba terhadap peserta didik kelas VII D. Produk akhir penelitian ini berupa sistem instruksional atau langkah-langkah pembelajaran yang diaplikasikan dalam RPP. Berdasarkan evaluasi oleh ahli materi dan ahli pendidikan, mendapat hasil bahwa produk model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) peserta didik kelas VII SMP Darussalam Bergas untuk meningkatkan hasil belajar ranah afektif dengan presentase 83 %, serta uji efektifitas mendapat hasil bahwa ada kenaikan 7,8% setelah diimplementasikan produk. Kata kunci: Pengembangan model pembelajaran CTL, Pendidikan agama Islam, Hasil belajar ranah afektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 12:49
Last Modified: 19 Nov 2020 12:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10052

Actions (login required)

View Item View Item