POLA ASUH IBU KARIR PADA ANAK SEMASA PANDEMI COVID 19 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA TLOMPAKAN, KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

NURINA, ANNISA INDAH (2020) POLA ASUH IBU KARIR PADA ANAK SEMASA PANDEMI COVID 19 DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI DESA TLOMPAKAN, KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Annisa Indah Nurina IAIN-salatiga.pdf

Download (921kB)
[img] Text
Tesis Annisa Indah Nurina IAIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola Asuh Ibu Karir Pada Anak Semasa Pandemi Covid 19 dalam Pendidikan Agama Islam di Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Phil.Widiyanto, MA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang dilakukan oleh ibu karir dalam pendidikan Islam pada anak dimasa pandemi covid 19 di Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang tahun 2020. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Ibu karir. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kebanyakan ibu yang berkarir di Desa Tlompakan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2020 pada masa pandemi covid 19 mempunyai karakteristik yaitu: 1) Membuat jadwal belajar, 2) Komunikasi, 3) Jam sekolah yang dilakukan dirumah, pendidikan Agama Lebih Banyak dan, 4) Membagi Peran Mengasuh. Karena pentingnya pola asuh Ibu Karir terhadap anak dalam Pendidikan Agama Islam, para Ibu karir memasukan ajaran-ajaran agama Islam sejak dalam kandungan. Penanaman pendidikan Agama yang kuat, berakhlaqul karimah dan pandai dalam membaca alqur’an adalah efek dari pola asuh orang tua terhadap anak dalam pendidikan agama Islam, harapan yang pupuk sejak kecil bagi anak-anaknya. Menggunakan pola asuh demokrasi ini pula para orang tua mampu mengembangkan anak-anaknya berupa perkembangan fisik yang kuat agar tidak menjadi muslim yang pemalas, perkembangan kognitif yang baik agar menjadi muslim yang cerdas dalam intelektualitasnya dan perkembangan sosial agar menjadi manusia yang baik menjalin dengan makhluk-makhluk Allah secara bijaksana. Faktor pendukung dan penghambat pola asuh Ibu karir di Desa Tlompakan pada masa pandemi covid 19 dalam pendidikan Agama Islam yang utama berkaitan dengan latar belakang Ibu karir, kondisi pandemi, lingkungan sekitar. Kata Kunci: Pola Asuh Pendidikan Agama Islam, Ibu Karir, Anak, pandemi covid 19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 12:51
Last Modified: 19 Nov 2020 12:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10053

Actions (login required)

View Item View Item