IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TRI KOMPETENSI RELIGIUS, INTELEKTUAL DAN HUMANIS DI SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

SUCIATI, TRISNA (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TRI KOMPETENSI RELIGIUS, INTELEKTUAL DAN HUMANIS DI SMP NEGERI 3 GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
TRISNA-SUCIATI_23010160383.pdf

Download (5MB)

Abstract

Suciati, Trisna. 2020. Implementasi Pendidikan Tri Kompetensi Religius, Intelektual dan Humanis di SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Tri Kompetensi dan Solusi. Pendidikan Tri Kompetensi adalah usaha manusia dalam mewujudkan sifat-sifat kemanusiaan melalui tiga karakteristik yaitu religius, intelektual dan humanis. Pendidikan Tri Kompetensi ini sebagai landasan dalam menghadapi tantangan zaman. Agar dapat menghasilkan siswa yang mampu memahami nilai keagamaan yang murni sesuai syari’at Islam, cerdas dan berperikemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan Tri Kompetensi Religius, intelektual dan humanis serta bagaimana hambatan dan solusi pendidikan Tri Kompetensi religius, intelektual dan humanis bagi SMP Negeri 3 Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpul data dalam penelitian menggunakan metode wawancara, observasi keadaan sekolah di bulan Oktober dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian skripsi ini adalah pertama, implementasi pendidikan Tri Kompetensi di SMP Negeri 3 Getasan dengan cara guru membina dan memberi pembiasaan ibadah di sekolah dalam menanamkan pendidikan kompetensi religius. Kemudian dalam menanamkan pendidikan intelektual melalui kegiatan belajar mengajar di kelas dan ada program khusus bagi peserta didik yang berprestasi maupun yang kurang berkompeten. Selanjutnya dari segi menanamkan pendidikan kompetensi humanis guru memberikan pendidikan tentang kemanusiaan dan diterapkan melalui pembinaan sosial di sekolah maupun di lingkungan masyarakat sekitar sekolah. Kedua, hambatan implementasi pendidikan Tri Kompetensi di SMP Negeri 3 Getasan yaitu: terbatasnya sarana prasarana contohnya seperti siswa yang belum memiliki Handphone android karena di era modern ini dalam kegiatan belajar mengajar sudah menggunakan IT, faktor lingkungan yang kurang mendukung pendidikan, lemahnya kedisiplinan pada peserta didik dan pengaruh dari masyarakat dan teman-teman di luar sekolah. Kemudian solusi dari sekolah meliputi: melaksanakan blended learning atau pembelajaran campuran, Menjalin kerja sama yang baik dengan masyarakat serta orang tua siswa dan meningkatkan kedisiplinan pada peserta didik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:03
Last Modified: 19 Nov 2020 14:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item