PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Tsani, Risydiana (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECONNECTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL DI SMP NEGERI 2 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Risydiana Tsani_23070160115 fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dalam pembelajaran active learning dengan strategi reconnecting terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru tahun 2020. Pembelajaran ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran active learning terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru? (2) Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran reconnecting terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran active learning dengan strategi pembelajaran reconnecting terhadap hasil belajar Matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru? Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif tipe Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyubiru. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel random. Subjek penelitian sebanyak 32 responden yang terdiri dari 16 siswa kelompok kontrol dan 16 siswa kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan intrumen tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran active learning dengan strategi reconnecting merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Banyubiru pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1 & 2) Hasil belajar siswa yang menggunkaan model pembelajaran aktif dengan strategi reconnecting lebih tinggi, dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,56 (kontrol) dengan peningkatan 38,9% dan 61,13 (eksperimen) dengan peningkatan 52,1%. (3) Pengaruh model pembelajaran active learning dengan strategi pembelajaran reconnecting menitik beratkan pada analisis dari uji statistik terhadap selisih skor pretest dan posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan harga sig. (2-tailed) sebesar 0.033 atau p < 0,05, Sehingga Hnull ditolak dan Hi diterima. Artinya ada perbedaan antara selisih skor pretest dan skor posttest.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:04
Last Modified: 19 Nov 2020 14:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10078

Actions (login required)

View Item View Item