PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS V MI AL MUTA’ALIMIN PENGKOL KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Masitoh, Siti (2020) PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS V MI AL MUTA’ALIMIN PENGKOL KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
pdf. REVISI SKRIPSI SITI MASITOH_23040160023_PGMI.Bissmillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masitoh, Siti. 2020. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Membentuk Karakter Nasionalisme Anak MI Al-Muta’alimin Pengkol Kelas V Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Rasimin, M. Pd. Kata Kunci : Ekstrakurikuler Pramuka, Karakter dan Nasionalisme Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter nasionalisme anak MI Muta?alimin Pengkol kelas V tahun pelajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter nasionalisme anak kelas V. (3) Untuk mengetahui solusi yang dapat mengatasi hambatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter nasionalisme anak MI Muta?alimin Pengkol kelas V. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Guru Kelas V dan VI dan Siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Kegiatan ekstrakurikuler pramuka sangat berperan dalam membentuk karakter nasionalisme anak kelas V MI Al- Muta?alimin Pengkol dilihat dari kegiatan upacara bendera, PBB dan menyayikan lagu kebangsaan. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Al- Muta?alimin Pengkol adalah antusias dan kedisiplinan guru kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sarana dan prasarana kurang memadai, kurangnya tenaga pendidik yang ahli dalam bidang kepramukaan, biaya terbatas dan cuaca yang tidak mendukung. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah mengadakan pelatihan kepramukaan bagi pelatih, bekerja sama dengan madrasah atau sekolah jenjang atas, meminta iuran siswa atau mencari donatur untuk melengkapi sarana prasarana, menggunakan dana BOS (Bantuan Oprasional Sekolah) untuk biaya penyelenggaraan kegiatan pramuka dan membuat kegiatan cadangan sebagai antisipasi ketika cuaca tidak memungkinkan

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:46
Last Modified: 19 Nov 2020 14:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item