ANALISIS IMPLEMENTASI PRODUK IJARAH MULTIJASA DI BPR SYARIAH ARTHA AMANAH UMMAT UNGARAN

HATMASARI, PURI RISMA (2016) ANALISIS IMPLEMENTASI PRODUK IJARAH MULTIJASA DI BPR SYARIAH ARTHA AMANAH UMMAT UNGARAN. Diploma thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Puri Risma Hatmasari 201-13-005.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hatmasari, Puri Risma. 2016. Analisis Implementasi Produk Ijaroh Multijasa di BPR Syariah Artha Amanah Ummat Ungaran. Tugas Akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi D3-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: H. Abdul Aziz N.P., S.Ag, MM. Kata kunci: Implementasi, Produk Ijarah Multijasa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan praktek Ijarah Multijasa di BPRS Artha Amanah Ummat Ungaran. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktek produk Ijarah Multijasa yang ada pada BPRS Artha Amanah Ummat Ungaran. 2) Perkembangan produk Ijarah Multijasa yang ada di BPRS Artha Amanah Ummat Ungaran. 3) Strategi peningkatan produk Ijarah Multijasa yang ada di BPRS Artha Amanah Ummat Ungaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah direktur, accounting, account officer, dankabag SPI. Temuan penelitian imenunjukkan bahwa 1) Praktek pembiayaan Ijarah multijasa di BPRS Artha Amanah Ummat, akad perjanjian yang digunakan akad Ijarah dimana pihak bank dapat memperoleh ujrah atau imbalan atas manfaat jasa yang telah diberikan, serta menggunakan akad wakalah sebagai pelengkap. Pada prakteknya untuk pembiayaan Ijarah multijasa di BPRS Artha Amanah Ummat Ungaran sudah sesuai dengan syariah yang mengacu pada fatwa yang ditetapkan oleh MUI No 09 tahun 2000 tentang Ijarah dan fatwa MUI No 44 tahun 2004 tentang pembiayaan multijasa. Pembiayaan ini menggunakan Ijarah sebagai akadnya, yang mana pada fatwa DSN – MUI tentang pembiayaan multijasa, hukumnya jaiz atau boleh menggunakan akad Ijarah . 2) Perkembangan nasabah Ijarah multijasa di BPRS Artha Amanah Ummat, jika melihat perkembangan nasabah Ijarah multijasa mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terlihat pada tahun 2011 hanya ada 70 nasabah kemudian pada tahun berikutnya terdapat 91 nasabah dan sampai akhir tahun 2015 sudah mencapai 135 nasabah. Perkembangan nasabah Ijarah multijasa terlihat ada kenaikan yang cukup signifikan yaitu pada tahun 2011 ke tahun 2012 sebesar 30%. 3) Strategi peningkatan produk Ijarah multijasa di BPRS Artha Amanah Ummat Ungaran dengan menggunakan strategi pemasaran dalam mencari nasabah. Strategi yang digunakan sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong (2012:92) yaitu teori yang sering disebut dengan 7P antara lain Product, Price, Place, Promotion, Physical Evidence, people,dan process.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2016 04:18
Last Modified: 10 Oct 2016 04:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1011

Actions (login required)

View Item View Item