AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JANNAH, ISNA NUR (2020) AKTUALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI ISNA NUR JANNAH PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jannah, Isna Nur. 2020. Aktualisasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 2 Tengaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Budiyono Saputro, M. Pd. Kata Kunci: Aktualisasi Pendidikan Agama Islam, Konservasi Lingkungan Hidup, Sekolah Adiwiyata. Penelitian ini membahas tentang Aktualisasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata SMP N 2 Tengaran. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Aktualisasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 2 Tengaran; 2) Apa saja yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam Aktualisasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 2 Tengaran; 3) Bagaimana hasil Aktualisasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 2 Tengaran. Penelitian ini adalahjenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah meliputi sumber primer yaitu, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, siswa dan petugas kebersihan dan sumber sekunder yaitu data-data serta dokumen-dokumen penunjang seperti profil sekolah, foto-foto kegiatandan sebagainya.Sedangkan analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif menggunakan tiga tahap yaitu 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama,aktualisasi Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan hidup di sekolah melalui kurikulum Pendidikan Agama Islam yang diintegrasikan dengan materi lingkungan hidup. Dalam pembelajaran PAI menggunakan pendekatan saintifik serta menggunakan metode keteladanan, pembiasaan dan praktik. Faktor-faktornya terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu dari lingkungan sekolah, dukungan pihak sekolah, SDM yang mendukung dan program kerjasama dengan dinas terkait. Faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakter dan peserta didik sulit atau kadang lupa memilah sampah sesuai jenisnya. Keberhasilan aktualisasi Pendidikan Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup di sekolah yaitu dalam proses pembelajaran siswa mampu memahami dan menerapkan materi Pendidikan Agama Islam melalui integrasi kurikulum. Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup juga menghasilkan peningkatan dari segi penilaian hasil belajar dan perubahan karakter peserta didik kearah yang lebih baik. Dengan terlaksananya Pendidikan Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup keadaan lingkungan di sekolah menjadi nyaman dan bersih.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2020 13:42
Last Modified: 24 Nov 2020 13:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item