PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII MTs SA PANCASILA SALATIGA TAHUN AJAR 2020/2021

MASFUFAH, LILIK (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VII MTs SA PANCASILA SALATIGA TAHUN AJAR 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
LILIK MASFUFAH 23070160076 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan modul, (2) mengetahui kelayakan dan (3) respon pendidik dan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dengan langkah (Sugiyono, 2009:409). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Sementara teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan modul pembelajaran matematika dilakukan dalam empat tahapan yaitu menganalisis kebutuhan, merancang dan membuat modul, pengujian kelayakan; (2) pengujian kelayakan didapatkan nilai persentase rata-rata 76,25% dengan kriteria “sangat baik” dan disimpulkan modul pembelajaran matematika berbasis inkuiri materi aljabar ini layak digunakan untuk proses pembelajaran; dan (3) respon guru matematika, peserta didik skala kecil dan peserta didik skala besar dilakukan dengan memberikan angket didapatkan hasil nilai persentase 98,83% dengan kesimpulan penggunaan modul yang dikembangkan siap digunakan untuk pembelajaran.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2020 12:56
Last Modified: 01 Dec 2020 02:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10115

Actions (login required)

View Item View Item