PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA KELURAHAN KECANDRAN KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 2020

FITRIANI, DIANA (2021) PEMBINAAN KEPRIBADIAN MUSLIM PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA KELURAHAN KECANDRAN KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
DIANA FITRIANI-23010160400.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriani, Diana. 2020. Pembinaan Kepribadian Muslim pada Santri di Pondok Pesantren Nurul Asna Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Kepribadian Muslim, Pondok Pesantren Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan bentuk pembinaan kepribadian muslim pada santri di Pondok Pesantren Nurul Asna Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan kepribadian muslim pada santri di Pondok Pesantren Nurul Asna Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, informan penelitian ini adalah pengasuh, pengurus, dan santri pondok pesantren Nurul Asna. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) bentuk pembinaan kepribadian muslim pada santri di Pondok Pesantren Nurul Asna Kelurahan Kecandran Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga meliputi keteladanan, nasihat dan pembiasaan yang berupa kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan serta adanya ekstrakurikuler. (2) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan kepribadian muslim pada santri di Pondok Pesantren Nurul Asna. Faktor pendukung meliputi faktor internal yaitu keadaan fisik dan psikologi santri yang baik dan sehat, faktor pendidik dan orang tua. Sementara faktor penghambat meliputi diri sendiri, pertemanan, sarana prasarana, serta sistem kepengurusan yang kurang maksimal dalam menegakkan peraturan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2021 09:09
Last Modified: 25 Jan 2021 02:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item