PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KRISTIANA, NIA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Nia Kristiana_T.MTK..pdf

Download (5MB)

Abstract

Kristiana, Nia. 2020. Pengaruh Pembelajaran Online Melalui Google Classroom dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 4 SALATIGA Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika dan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, M.Sc. Kata kunci: Pembelajaran Online, Google Classroom, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Matematika Pembelajaran online melalui google classroom dan fasilitas belajar merupakan penunjang dalam memperoleh hasil belajar matematika di masa pandemi ini. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pembelajaran online melalui google classroom dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: (1) Bagaimana variasi pembelajaran online melalui google classroom? (2) Bagaimana variasi fasilitas belajar? (3) Bagaimana variasi hasil belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga? (4) Apakah ada pengaruh pembelajaran online melalui google classroom terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga? (5) Apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga? (6) Apakah ada pengaruh pembelajaran online melalui google classroom dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga? Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti mengadakan penelitian daring dengan pendekatan kuantitatif, dengan menitik beratkan pada korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regresi linier berganda. Subjek penelitian sebanyak 65 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan google form untuk menjaring data pembelajaran online dan fasilitas belajar untuk hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Variasi pembelajaran online melalui google classroom adalah sebesar 13,8% pada kategori rendah, 49,2% pada kategori sedang, dan 36,9% berada pada kategori tinggi. 2) Variasi fasilitas belajar adalah sebesar 24,6% pada kategori rendah, 52,3% pada kategori sedang, dan 23,1% berada pada kategori tinggi. 3) Variasi hasil belajar yang diperoleh adalah sebesar 78,5% siswa belum tuntas, sedangkan 21,5% siswa sudah tuntas belajar. 4) Terdapat pengaruh negatif antara pembelajaran online melalui google classroom terhadap hasil belajar matematika yakni hasil uji t X1 dan Y (-2,182). 5) Terdapat pengaruh negatif antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika yakni hasil uji t X2 dan Y (-2,093). 6) Terdapat pengaruh pembelajaran online melalui google classroom dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Salatiga, hasil uji statitik linear berganda yang diperoleh nilai sebesar Fhitung (201,140) > Ftabel (3,14).

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Jan 2021 10:37
Last Modified: 18 Feb 2021 06:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10184

Actions (login required)

View Item View Item