PENGELOLAAN KOPPONTREN EDIMANCORO KABUPATEN SEMARANG (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UU NO 25 TAHUN 1992 TENTANG PERKOPERASIAN)

SETYANI, NIA REZKY (2021) PENGELOLAAN KOPPONTREN EDIMANCORO KABUPATEN SEMARANG (TINJAUAN HUKUM ISLAM DAN UU NO 25 TAHUN 1992 TENTANG PERKOPERASIAN). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Nia wisuda.pdf

Download (4MB)

Abstract

Koppontren Edimancoro merupakan Lembaga koperasi yang didirikan di lingkungan Pondok Pesantren Edimancoro. Koperasi ini berdiri sejak tahun 1996 sampai sekarang. Namun koperasi ini sempat vacum beberapa tahun dikarenakan beberap hal dan kembali beroperasi kembali pada tahun 2017 dengan struktur kepengurusan yang baru. Sejak beroperasi kembali, koperasi tersebut mulai nampak mengalami kemajuan. Adapun unit usaha yang dimiliki Koperasi meliputi EM Mart, EM Qua, EM Laundry, EM Trans, EM Tabunganku, koppontren juga menerima catering dan pesanan snack. Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tertarik mengkaji lebih dalam mengenai pengelolaan Koppontren Edimancoro melalui analisis dari Hukum Islam serta Undang-Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mana menggunakan sumber data primer dan sekunder. Adapun sumber primer adalah hasil wawancara dengan pengelola Koppontren Edimancoro, dan tetangga sekitar, sementara data sekunder berupa dokumen-dokumen, buku, catatan, dan foto. Berdasarkan penelitian yang diperoleh, penulis menyimpulkan bahwapelaksanaan fungsi-fungsi manajemen koppontren Edimancoro secara umum masih belum berjalan sesuai dengan aturan perkoperasian. Fungsi perencanaan telah dilakukan namun masih terbatas pada perencanaan pengembangan usaha mini market atau toko saja. Fungsi pengorganisasian masih sangat lemah, Rapat Anggota Tahunan dan Pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) belum dilakukan sesuai dengan aturan perkoperasian. Fungsi pergerakan , fungsi pengawasan, dan fungsi penilaian masih terbatas pada unit usaha yang dijalankan, namun belum menyeluruh sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan sebuah koperasi. Namun keberadaan koppontren Edimancoro juga telah memberikan dampak yang positif bagi warga Ponpes pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.Khususnya dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: ?? HEI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2021 10:41
Last Modified: 26 Apr 2021 02:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10192

Actions (login required)

View Item View Item