IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSIPEDAGOGIKGURU PAI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN SIMPANG RAYA DAN KECAMATAN BUNTA KABUPATEN BANGGAI TAHUN 2015/2016)

SUPANGAT, ALI (2016) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSIPEDAGOGIKGURU PAI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI KECAMATAN SIMPANG RAYA DAN KECAMATAN BUNTA KABUPATEN BANGGAI TAHUN 2015/2016). Masters thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ALI IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK.pdf

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus di Kecamatan Simpang Raya dan Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai Tahun 2015/2016) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuitentang bagaimana implementasi supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas PAI di Kecamatan Simpang Raya dan Kecamatan Bunta Kabupaten Banggai,bagaimana teknik pelaksanaannya,dan apakendala-kendalanya. Jenis penelitiannya kualitatif, dengan pendekatanfenomenologis.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Proses analisis data dideskripsikan dengan cara reduksi data, paparan data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwapengawas dalam melaksanakan tugas supervisi akademik merujuk pada tupoksi dan pemenuhan syarat formal administrasi, yaitu pengawas menyiapkan program tahunan, program semester,perangkat supervisi,melakukan pertemuan dengan guru,melakukan kunjungan kelas,mendiskusikan hasil proses pembelajaran,membuat laporan.Tekniknya: Menggunakan teknik supervisi kelompok dalam bentuk KKG,dan teknik supervisi individual dalam bentuk pembinaan individu, kunjungan kelas, dan berdiskusi. Peningkatan kompetensi pedagogik guru setelah disupervisi yaitu: Guru PAI mampu membuat perangkat pembelajaran;Kinerja guru PAImeningkat dalam memperbaiki dan melaksanakan proses pembelajaran;Adanya perubahan perilaku;Memahami karakter siswa. Sedangkan kendala dalam pelaksanaannyadari aspek georgrafis wilayah sangat luas sehingga pembinaan kurang efektif; kurangnya jumlah pengawas; Dari aspek guru,backgroundpendidikannya ada yang tidak cocok, kualifikasi akademik belum semua terpenuhi, sebagian besar guru belum memahami IT; Dari aspek sekolah, fasilitasnya belum memadai. Sebagai implikasi dari penelitian ini,penting bagi pengawas untuk melaksanakan tugas supervisi secara merata. Kemudian guru PAI harus kooperatif dalam semua aktivitas supervisi akademik,guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Supervisi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2016 05:46
Last Modified: 10 Oct 2016 05:46
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item