PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP ISLAM AZ-ZAMIR TANGERANG PADA TAHUN 2020/2021

FAJRIANI, INNAYATUL (2021) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SAAT PANDEMI COVID-19 DI SMP ISLAM AZ-ZAMIR TANGERANG PADA TAHUN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajriyani, Innayatul. 2020. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam saat Pandemi Covid-19 di SMP Islam Az-Zamir Tangerang Pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci: Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Aplikasi Google Classroom; Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap motivasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap prestasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Az-Zamir. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ex post facto. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling pada seluruh siswa SMP Islam Az-Zamir yaitu kelas VIII dan IX. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Kolerasi Product Moment, Uji Regresi Linear Sederhana, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar saat pandemi Covid-19 terbukti dari hasil rata-rata nilai raport kelas VIII dari 76,636 menjadi 84,136 dan pada kelas IX dari 78,344 menjadi 81,938. Kemudian terdapat pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap motivasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 dilihat dari hasil uji T nilai Sig 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 37,2% dengan persamaan regresi linear sederhana . Serta terdapat pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap prestasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 dilihat dari hasil uji T nilai Sig 0,026 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi sebesar 23% dengan persamaan regresi linear sederhana . Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap motivasi dan prestasi belajar IPA saat pandemi Covid-19 di SMP Islam Az-Zamir.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2021 09:55
Last Modified: 11 Feb 2021 02:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10215

Actions (login required)

View Item View Item