STRATEGI ORANG TUA GENERASI MILLENNIAL DALAM MENANAMKAN KESADARAN MENJALANKAN SHOLAT LIMA WAKTU

Ariyanti, Lynda Fitri (2021) STRATEGI ORANG TUA GENERASI MILLENNIAL DALAM MENANAMKAN KESADARAN MENJALANKAN SHOLAT LIMA WAKTU. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis lynda fitri ariyanti fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi Orang tua Generasi Millennial dalam Menanamkan Kesadaran Menjalankan Sholat Lima Waktu. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Ruwandi, M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan, strategi serta hambatan orang tua millennial menanamkan kesadaran menjalankan sholat lima waktu pada anak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis naturalistik. Pengumpulan data dengan wawancara dan analisis datanya secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan orang tua millenial pertama Kesadaran menjalankan sholat lima waktu mutlak ditanamkan secara dini, kedua, Kesadaran menjalankan sholat lima waktu tidak boleh tawar-menawar. Konsep kesadaran yang diterapkan orang tua millenial adalah sholat sebagai kebutuhan dan buka beban bagi anak. Strategi yang digunakan untuk menanamkan kesadaran yaitu, pembiasaan, motivasi, menciptakan majlis ilmu di rumah sebagai rekreasi wajib bagi keluarga, instalasi rutin mengenai akidah, keteladanan, shalat berjamaah, ketegasan, disiplin, serta konsisten dalam sebuah aturan. Hambatan orang tua tidak bisa memantau anak selama 24 jam, penundaan dalam sholat. Dalam tahap penanaman kesadaran sholat pada anak sangat butuh pendampingan jadi usahakan orang tua selalu mengadakan komunikasi intens dengan anak dalam kondisi sesibuk apapun. Kata Kunci: Generasi Milenial, Strategi Orang Tua, Shalat Lima Waktu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2021 10:17
Last Modified: 11 Feb 2021 10:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10216

Actions (login required)

View Item View Item