PENGARUH LIKUIDITAS, TOTAL ASSET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2012-2019)

WICAKSANA, MUHAMMAD ARIF (2021) PENGARUH LIKUIDITAS, TOTAL ASSET, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Periode 2012-2019). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Naskah Skripsi Muhammad Arif Wicaksana.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Naskah Skripsi_Arif_091_2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Likuiditas, Total Asset, dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Bank Umum Syariah yang Terdaftar Di OJK Periode 2012- 2019). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data sekunder. Data sekunder yang dipakai dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dalam bentuk laporan keuangan tahunan. Jumlah Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK.. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 11 bank dengan teknik pengambilan purposive sampling. Uji yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji stasioner, uji statistik, uji asumsi klasik dan uji Path Analysis. Alat analisis pada penelitian ini menggunakan bantuan Eviews 10. Berdasarkan hasil uji Ttest menunjukkan hasil bahwa likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, total asset berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, total asset berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas, dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Hasil Ftest menunjukan likuiditas, total asset dan struktur modal secara simultan mempengaruhi nilai perusahaan. Dan berdasarkan hasil path analysis profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh likuiditas, total asset, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2012-2019.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2021 14:50
Last Modified: 11 Feb 2021 08:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10227

Actions (login required)

View Item View Item