IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGAN SIKAP RELIGIUS DAN MANDIRI BERIBADAH PESERTA DIDIK KELAS XII SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Makruf, Anang (2021) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGAN SIKAP RELIGIUS DAN MANDIRI BERIBADAH PESERTA DIDIK KELAS XII SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANANG MA'RUF 23010160127.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ma’ruf, Anang. 2020. Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Mengembangan Sikap Religius dan Mandiri Beribadah Peserta Didik Kelas XII SMK Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Barid Syamsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Kegiatan Keagamaan, Sikap Religius, Mandiri Beribadah Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) Mengetahui kegiatan keagamaan di SMK Negeri 3 Salatiga (2) mengetahui implementasi kegiatan keagamaan dalam mengembangkan sikap religius dan mandiri beribadah peserta didik kelas XII SMK Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021 (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan keagamaan dalam mengembangkan sikap religius dan mandiri beribadah peserta didik kelas XII SMK Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer yang berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari buku serta dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kegiatan keagamaan di SMK N 3 Salatiga meliputi membaca do’a di awal kegiatan, membaca asmaul husna, membaca Al Qur’an pilihan, melaksanakan shalat berjamaah, istighosah, kegiatan pesantren ramadhan dan perayaan hari besar Islam. Dalam masing-masing kegiatan untuk mengetahui peserta didik itu mengikuti atau tidak diadakan presensi kehadiran guna yang tidak mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan hukuman, hukuman yang ada itu dengan memberikan teguran. Ketika teguran tersebut tidak diperhatikan berakibat pada pengurangan nilai. (2) Implementasi kegiatan keagamaan dalam mengembangkan sikap religius dan mandiri beribadah peserta didik kelas XII SMK Negeri 3 Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui pola pembiasaan yang dilakukan oleh guru dalam penerapannya, tidak hanya dengan pola pembiasaan akan tetapi juga dengan mengingatkan secara kontinu serta juga diaplikasikan dengan di ulang-ulang selain itu juga dengan menunjukkan contoh dalam melakukan kegiatan keagamaan tersebut dan juga mengarahkannya. (3) Faktor penghambat kegiatan keagamaan dalam mengembangkan sikap religius dan mandiri beribadah yaitu munculnya sifat malas, fasilitas ibadah kurang memadai, serta kurangnya perhatian dari setiap guru. Adapun faktor pendukung kegiatan keagamaan dalam mengembangkan religius dan mandiri beribadah yaitu adanya dukungan stake holder, motivasi teman, dan dukungan keluarga. Kerjasama antara guru dan pesera didik yaitu dengan saling mendukung antara guru dan murid serta dengan mematuhi tata tertib yang ada di sekolah

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2021 14:59
Last Modified: 11 Feb 2021 14:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10229

Actions (login required)

View Item View Item