ANALISIS PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI MODERASI (Studi pada Bank Umum Syariah 2015-2019)

ROZZI, MUHAMMAD FATHUR (2021) ANALISIS PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP ISLAMIC SOCIAL REPORTING DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI MODERASI (Studi pada Bank Umum Syariah 2015-2019). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi fathur rozzi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Profitabilitas (GPM), Likuiditas (CR), dan Leverage (DER) terhadap Islamic Social Reporting (ISR) dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating, pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di OJK periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan data sekunder berbentuk panel dianalisis melalui metode analisa data regresi linier berganda dengan uji Moderate Regression Analysis (MRA) menggunakan software EViews 9. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) yang ada di Indonesia sebanyak 14 bank syariah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian sebanyak 12 BUS. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil F-test yang menunjukkan bahwa Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage secara simultan berpengaruh terhadap ISR dengan koefisien positif sedangkan uji T-test menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas dan Leverage tidak berpengaruh terhadap ISR, Likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ISR. Berdasarkan uji MRA, Ukuran Perusahaan tidak mampu memoderasi hubungan pengaruh profitabilitas terhadap ISR, sedangkan Ukuran Perusahaan mampu memoderasi dan memperlemah hubungan Likuiditas terhadap ISR, serta Ukuran Perusahaan mampu memoderasi dan memperkuat hubungan Leverage terhadap ISR.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2021 16:31
Last Modified: 11 Feb 2021 16:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item