PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi BPRS Merusankara Magelang)

Humam, Saiful (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK SYARIAH DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi BPRS Merusankara Magelang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
skripsi saiful humam (63012180001) Perbankan Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Humam, Saiful. 2020. Pengaruh Karakteristik Syariah dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi.(Studi Kasus BPRS Merusankara Magelang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Abdul Aziz N.P., MM Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh karakteristik syariah dan relationship marketing terhadap loyalitas dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan kepada nasabah BPRS Merusankara kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah nasabah BPRS Merusankara Magelang. Populasi dalam penelitian ini 2.346 nasabah. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan alat analisis SPSS versi 18. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik melalui uji statistik t, uji statistik F, koefisien determinasi (R2), dan uji analisis moderasi MRA (Moderated Regression Analysis). Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, sedangkan relationship marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas. Sesuai uji MRA ditunjukan bahwa religiusitas tidak memoderasi karakteristik syariah terhadap loyalitas, akan tetapi religiusitas mampu memoderasirelationship marketing terhadap loyalitas. Kata Kunci: karakteristik syariah, Relationship marketing, loyalitas,dan Bank syariah

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:25
Last Modified: 15 Feb 2021 10:25
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10245

Actions (login required)

View Item View Item