ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN FDR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015 – 2019

Khanifah, Ani Maftukhaatul (2021) ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN FDR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015 – 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ani Maftukhaatul Khanifah 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Khanifah, Ani Maftukhaatul. 2021. Analisis Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Profitabilitas Dengan FDR Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2015 – 2019. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing Dr.Mochlasin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari rasio keuangan yang terdiri dari CAR, BOPO, NPF terhadap Profitabilitas dengan FDR sebagai variabel intervening pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015 – 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Sedangkan sempel penelitian ini adalah ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah disebutkan peneliti, sehingga diperoleh 40 sampel dari 8 bank umum syariah periode 2015 – 2019. Jenis data yang digunakan yaitu data panel. Metode analisis yang digunakan yaitu, uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi, uji asumsi klasik, uji T, uji F, uji R2, uji path analysis, dan uji sobel test dengan menggunakan alat analisis software Eviws 9. Hasil penelitian menunjukkan menunjukkan bahwa CAR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. BOPO berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. NPF berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. FDR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas. FDR tidak mampu memediasi pengaruh CAR terhadap profitabilitas. FDR tidak mampu memediasi pengaruh BOPO terhadap profitabilitas. FDR tidak mampu memediasi pengaruh NPF terhadap profitabilitas. Kata Kunci : CAR, BOPO, NPF, FDR dan Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2021 10:41
Last Modified: 08 Mar 2022 10:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item