EFEKTIVITAS PEMBERIAN SOAL TIPE HOTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII MTs SA AL-IDRUS REPAKING WONOSAMODRO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020-2021

HABIB, MUHAMAD NUR (2021) EFEKTIVITAS PEMBERIAN SOAL TIPE HOTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII MTs SA AL-IDRUS REPAKING WONOSAMODRO BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020-2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Rev_MUHAMAD NUR HABIB_23070160154.pdf

Download (4MB)

Abstract

Habib, Muhamad Nur. 2020. Efektivitas Pemberian Soal Tipe HOTS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pelajaran Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII MTs-SA Al-Idrus Repaking Wonosamodro Boyolali Tahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal, M.Pd. Kata Kunci: Soal HOTS, Himpunan, Kemampuan Pemecahan Masalah Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian soal tipe HOTS terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VII MTs SA Al-IdrusS Repaking Wonosamodro Boyolali Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan populasi dalam penelitian ada 2 yaitu siswa kelas VII A dan kelas VII B MTs SA Al-Idrus Repaking Wonosamodro Boyolali Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah masing-masing 20 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh anggota populasi yang terdiri dari 20 siswa kelas VII A sebagai kelas Eksperimen dan 20 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pemilihan sampel dengan menggunakan metode sampel jenuh. Uji prasyarat terdiri dari Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t untuk menguji secara parsial dan uji-F untuk menguji variabel secara Bersama-sama. Hasil analsis dari penelitian ini diperoleh thitung = 3,564 dan ttabel = 2,025. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan pemberian soal tipe HOTS dengan siswa yang tidak diberikan soal tipe HOTS, dengan kata lain pemberian soal tipe HOTS efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pokok himpunan. Hal ini juga dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata post tes yang diperoleh siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 78,75 lebih besar dari nilai siswa kelas kontrol yang hanya memperoleh nilai rata-rata 66,75.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2021 12:25
Last Modified: 17 Feb 2021 05:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10321

Actions (login required)

View Item View Item