METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA NELYAN DI DESA KERTOJAYAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO

AZIZAH, JATI NUR (2021) METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA NELYAN DI DESA KERTOJAYAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
PAI_23010160100_Jati Nur Azizah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi tentang ragam metode pendidikan agama Islam dalam keluarga nelayan di Desa Kertojayan, gambaran penggunaan masing-masing metode pendidikan agama Islam dalam keluarga nelayan di Desa Kertojayan, dan faktor-faktor yang mendukung maupun menghambat penggunaan metode pendidikan agama Islam pada anak nelayan di Desa Kertojayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu hasil wawancara kepala desa, guru TPQ, orang tua dan anak dalam keluarga nelayan, dan sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait penelitian seperti kegiatan pendidikan agama dan kegiatan wawancara. Untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Metode yang digunakan orang tua dalam keluarga nelayan di Desa Kertojayan untuk mendidik anaknya adalah menggunakan metode tauladan, pembiasaan, nasihat, penghargaan dan hukuman. 2) Gambaran penggunaan metode pendidikan agama Islam dalam keluarga nelayan, yaitu seperti memberi tauladan untuk mengucapkan salam ketika masuk atau keluar rumah, memberi nasihat ketika anak salah, membiasakan anak untuk mengaji setelah selesai sholat, memberi penghargaan ketika anak mendapatkan prestasi yang baik agar anak termotivasi untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasinya dan memberi hukuman ketika anak melakukan kesalahan dengan memarahi, nasihat atau ditakuti-takuti agar mereka jera dan tidak menguklanginya lagi. 3) Faktor pendukung: faktor keluarga, faktor lingkungan, faktor teman sebaya. Faktor penghambat: faktor teman sebaya, faktor individu, faktor kesibukan orang tua, faktor tingkat pendidikan orang tua dan faktor media elektronik.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2021 08:45
Last Modified: 18 Feb 2021 08:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item