EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA N 1 SURUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Shofi, Muhammad (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PROGRAM LINEAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA N 1 SURUH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Muhammad Shofi 23070160064 .pdf

Download (1MB)

Abstract

Shofi, M. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Program Linear Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Model pembelajaran Problem Posing, Kemampuan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Program Linear Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Suruh Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat quasi experimental (eksperimen semu). Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post test only control group design. Populasi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Suruh. Sampel siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Suruh. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran Problem Posing (X). dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif (Y). Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pedoman observasi keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu uji Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih efektif daripada menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji Independent sample t-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikan (2 tailed) (0,000) < 0,05, yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya penerapan model pembelajaran problem posing lebih efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi program linear siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Suruh dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2021 10:57
Last Modified: 18 Feb 2021 04:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item