PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP GROUP PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 MATERI INTEGRAL TAK TENTU SISWA KELAS XI IPA MAN 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

JAYANINGRAT, SUSANTI (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP GROUP PADA PEMBELAJARAN E-LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19 MATERI INTEGRAL TAK TENTU SISWA KELAS XI IPA MAN 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI SUSANTI JAYANINGRAT_23070160035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Jayaningrat, S. 2020. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan Whatsapp Group pada Pembelajaran E-Learning di Masa Pandemi Covid-19 Materi Integral Tak Tentu Siswa Kelas XI IPA MAN 2 Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Google Classroom, Whatsapp Group, E-Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kelas yang diajar dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan kelas yang diajar dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Group serta untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi Google Classroom dan WhatsApp Group pada pembelajaran e-learning di masa pandemi COVID-19 materi integral tak tentu siswa kelas XI IPA MAN 2 Pati tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Pati dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu hasil belajar matematika (X) sedangkan variabel terikatnya yaitu pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi Google Classroom (Y1) dan Whatsapp Group (Y2). Instrumen pengumpulan data meliputi soal tes dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Kesamaan dua rata-rata, Uji Paired Sampel T-Test , Uji Independent Sampel T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 19,12 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 18,57. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 37,32 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 2 yaitu sebesar 52,57. Selanjutnya dari hasil uji independent sampel t-test pada bagian equal variances assumed diketahui nilai t hitung sebesar -3,439 yang artinya nilai rata-rata pada kelas eksperimen 1 lebih rendah daripada nilai rata-rata kelas eksperimen 2. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan aplikasi google classroom dan whatsapp group pada pembelajaran e-learning di masa pandemi COVID-19 siswa kelas XI IPA MAN 2 Pati tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2021 15:42
Last Modified: 18 Feb 2021 09:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10358

Actions (login required)

View Item View Item