PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARAK JAUH SISWA KELAS VII MTs N 5 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WAKHIDAH, NGALIMATUL (2021) PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA JARAK JAUH SISWA KELAS VII MTs N 5 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi Ngalimatul Wakhidah 23070160003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran matematika jarak jauh di MTs N 5 Boyolali tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa kelas VII sebanyak 10 orang. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pengambil data langsung kepada orang tua siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran matematika jarak jauh di MTs N 5 Boyolali yaitu orang tua siswa yang berprofesi sebagai penjahit, tukang kayu, dan buruh bangunan sudah melaksanakan perannya dengan baik seperti mendampingi anak ketika belajar, berkomunikasi dengan baik, mengawasi anak ketika belajar matematika, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengekspresikan, mengeksplorasi dan mengambil keputusan sendiri, memberikan motivasi, dan mengarahkan anak kepada hal yang positif. Peran orang tua belum dijalankan dengan baik yaitu pada profesi petani dan pedagang, seperti mendampingi anak belajar di rumah dan memberikan kesempatan anak untuk mengekspresikan dan mengeksplorasi kegiatan belajarnya. Faktor hambatan yang dihadapi orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran matematika jarak jauh seperti pendidikan orang tua yang masih terbatas sehingga mengurangi tingkat perhatian orang tua terhadap pendidikan anak. Keterbatasan waktu antara bekerja dan mendampingi anak selama pelaksanaan pembelajaran matematika jarak jauh. Faktor pendorong peran orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran matematika jarak jauh adalah adanya kesadaran dari orang tua untuk lebih memperhatikan kegiatan belajar anak selama pembelajaran matematika jarak jauh. Adanya kepedulian orang tua dalam menyediakan tempat belajar yang nyaman. Dan orang tua menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anak selama pembelajaran matematika jarak jauh.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Feb 2021 19:50
Last Modified: 25 Feb 2021 06:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item