EFEKTIFITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT KARTESIUS PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-MANAR BENER KAB. SEMARANG TAHUN 2020

Hapsari, Aulia Dyne (2021) EFEKTIFITAS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT KARTESIUS PADA SISWA KELAS VIII MTS AL-MANAR BENER KAB. SEMARANG TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi AULIA DYNE HAPSARI 23070160055.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hapsari, A. D. 2020, Efektivitas Pendekatan Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Koordinat Kartesiu Siswa Kelas VIII MTs Al-Manar Bener Kab. Semarang Tahun 2020”. Skripsi, Salatiga. Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci : Efektivitas, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas hasil belajar siswa dalam aspek kognitif pada materi koordinat kartesius setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada mata pelajaran matematika di kelas VIII MTs Al-Manar Bener pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pendekatan kontekstual, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes berupa pretest dan posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji N-gain, uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan kontekstul efektif terhadap hasil belajar matematika siswa. hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata hasil posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 90,38, edangkan hasil rata-rata posttest kelas kontrol adalah 75,90. Peningkatan (n-gain) pada kelas eksperimen memiliki nilai 78,54 % dengan kategori efektif, sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai n-gain 52,89 % dalam kategori kurang efektif. Hasil uji hipotesis menggunakan paired sample t test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan t-hitung -12,268 yang artinya rata-rata setelah menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dibandingkan rata-rata sebelum menggunakan pendekatan kontekstual. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual efektif terhadap hasil belajar matematika materi koordinat kartesius pada siswa kelas VIII MTs Al-Manar Bener Kab. Semarang Tahun 2020

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2021 10:51
Last Modified: 19 Feb 2021 03:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10363

Actions (login required)

View Item View Item