KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF BELAJAR SISWA KELAS IX-B MTS DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2020

Prasetyani, Yunnita (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF BELAJAR SISWA KELAS IX-B MTS DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
YUNITA PRASETYANI 23070160098 TADRIS MATEMATIKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Prasetyani, Yunita. 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Belajar Siswa Kelas IX-B MTs Darul Ulum Suruh Tahun Pelajaran 2020. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Saiful Marom, M.Sc. Kata Kunci : Kemampuan, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif belajar siswa kelas IX B MTs Darul Ulum Suruh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif yang jenis datanya berupa pernyataan, kalimat dan dokumen. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode berupa wawancara, tes GEFT (Group Embedded Figured Test) untuk mengetahui gaya kognitif siswa, dan tes tertulis penyelesaian soal yang berorientasi pada indikator pemecahan masalah menurut Polya. Hasil penelitian berdasarkan kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa, menunjukkan bahwa dari enam siswa kelas IX B MTs Darul Ulum Suruh yang menjadi subjek penelitian terdapat dua siswa yang berkemampuan pemecahan masalah sangat baik, dua siswa yang berkemampuan pemecahan masalah cukup baik dan dua siswa yang berkemampuan pemecahan masalah sangat kurang. Siswa yang paling baik yaitu siswa yang memiliki tipe gaya kognitif Field Dependent, karena subjek tipe ini mampu melewati indikator pemecahan masalah yang diberikan dengan baik dan skor kemampuan pemecahan masalah matematis subjek ini memiliki tingkat kemampuan pemecahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang memiliki tipe gaya kognitif Field Independent yang masih kurang mampu melewati indikator pemecahan masalah yang diberikan, dan skor kemampuan pemecahan masalah yang didapatkan oleh subjek tipe gaya kognitif Field Independent tergolong rendah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2021 12:39
Last Modified: 02 Mar 2021 23:28
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10369

Actions (login required)

View Item View Item