IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI ANAK ( STUDI PADA ORANG TUA KELUARGA BURUH PABRIK DUSUN KLIWONAN DESA JOGOMULYO KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2020 )

Utami, Riza Nur (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI ANAK ( STUDI PADA ORANG TUA KELUARGA BURUH PABRIK DUSUN KLIWONAN DESA JOGOMULYO KECAMATAN TEMPURAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2020 ). [UNSPECIFIED]

[img] Text
RIZA NUR UTAMI 23040160004 S1-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara orang tua mengajarkan pendidikan karakter islami pada keluarga buruh pabrik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter islami pada anak buruh pabrik Dusun Kliwonan, Kabupaten Magelang Tahun 2020? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan pendidikan karakter islami pada anak buruh pabrik Dusun Kliwonan, Kabupaten Magelang Tahun 2020?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, subjeknya adalah para orang tua yang berprofesi sebagai buruh pabrik. Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter islami anak pada keluarga buruh pabrik dusun kliwonan sudah berhasil dan terlaksana dengan baik. (2) Faktor pendukung orang tua dalam mengajarkan pendidikan karakter yaitu kesadaran orang tua untuk membentuk karakter anak, saling pengertian antara orang tua, pemahaman ilmu agama yang cukup dari orang tua, kondisi perekonomian yang baik, lingkungan sekitar tempat tinggal yang mendukung, teman bermain yang memberikan pengaruh positif. Faktor penghambat dalam memberikan pendidikan karakter adalah kesibukan orang tua, orang tua yang kurang membatasi waktu bermain anak, pendidikan orang tua yang masih “rendah”, kurang pengertian orang tua dalam mendidik anak, pengaruh pergaulan pertemanan, pengaruh negatif medsos.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2021 19:56
Last Modified: 19 Feb 2021 13:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item