IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI ANAK BURUH PABRIK DI DESA DONOROJO KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020)

Rofiqoh, Zulfatur (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI ANAK BURUH PABRIK DI DESA DONOROJO KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
zulfatur rofiqoh 23040160032 S1-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlakul karimah pada anak usia sekolah studi anak buruh pabrik desa Donorojo kabupaten Demak. Rumusan masalah dalampenelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan akhlakul karimah pada anak Sekolah Dasar studi buruh pabrik Desa Donorojo Kabupaten Demak. Menerangkan tentang apa itu pendidikan akhlakul karimah, Bagaimana orang tua mengimplementasikan pendidikan akhlakul karimah ke anak. (2) Apa faktor pendukung danpenghambat implementasi pendidikan akhlakul karimah pada anak Sekolah Dasar studi buruh pabrik Desa Donorojo kabupaten Demak. Yaitu mengungkap faktor pendukung orang tua dalam mendidik anak agar berakhlakul karaimah dan faktor penghambat orang tua dalam mendidik yang menandai penghambat anak kurang berakhlakul karimah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaanya menggunakan Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakuakan orang tua dalam mendidik anak agar berakhlakul karimah pada keluarga buruh pabrik yaitu: (1) Menyekolahkan anak dengan sebaik baiknya. (2) Mengaji di Mushola ataupun Madrasah diniyah (3) Belajar agama dengan orang terdekat. Faktor pendukung dan penghambat dalam mendidik akhlakul karimah pada anak. faktor pendukung pada keluarga buruh pabrik yaitu: Faktor internal dan eksternal. Faktor internalyaitu :Diri Pribadi Anak, Lingkungan keluarga dan Kegiatan positif sedangkan faktor eksternalnya adalah Lingkungan sekitar, Pendidikan Madrasah Diniyah/ TPQ. Faktor penghambatnya juga ada 2 faktor yaitu internal dan eksternal untuk internalnya adalah :Keluarga dan Kurang nya perhatian orang tua karena tuntutan kerja, Sedangkan faktor eksternalnya adalah Teknologi Informasi Komunikasi dan Pergaulan teman yang salah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2021 12:51
Last Modified: 21 Feb 2021 05:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10383

Actions (login required)

View Item View Item