ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF KELAS XII MA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Muhaemin, Ahmad Fuad (2021) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF KELAS XII MA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF KELAS XII MA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN MADRASAH MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN TAKSONOMI BLOOM RANAH KOGNITIF KELAS XII MA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui persentase butir tingkat kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom dan kualitas soal Ujian Madrasah mata pelajaran Matematika kelas XII MA Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2019/2020 diitinjau berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber sekunder yang dapat berupa dokumen terkait Ujian Madrasah. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persentase klasifikasi Butir Soal Ujian Madrasah mata pelajaran Matematika MA Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2019/2020 berdasarkan tingkat kognitif soal dalam Taksonomi Bloom diketahui bahwa soal yang termasuk ke dalam aspek Mengingat (C1) sebanyak 20%, soal yang termasuk ke dalam aspek Memahami (C2) sebanyak 68%, soal termasuk ke dalam aspek Menerapkan (C3) sebanyak 13%. Dalam hal tersebut, soal UM didominasi oleh soal-soal aspek Memahami (C2). (2) Berdasarkan segi analisis empirik dari 40 butir soal, 38 butir soal (95%) digolongkan valid dan 2 butir soal (5%) tidak valid. Reliabilitas soal memiliki kategori tinggi yaitu: 0,88 pada soal pilihan ganda, dan 0,60 pada soal uraian. Dari segi tingkat kesukaran sebanyak 27 butir (67,5%) termasuk dalam soal yang mudah, dan 13 butir (32,5%) kategori sedang. Dan dari segi daya pembeda sebanyak 18 butir (45%) tergolong sangat baik, 6 butir (15%) cukup baik, 10 butir (25%) kurang baik, dan 6 butir (15%) tidak baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2021 22:04
Last Modified: 21 Feb 2021 20:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item