DESKRIPSI KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SAAT PANDEMI COVID-19 KELAS VIII DI SMP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

MASRUROH, ANISA (2021) DESKRIPSI KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SAAT PANDEMI COVID-19 KELAS VIII DI SMP DHARMA LESTARI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANISA_MASRUROH_23060160056..pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pembelajaran IPA saat pandemi covid-19 di kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPA di SMP Dharma Lestari Salatiga. Teknik lain yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner kepada 40 responden yakni peserta didik kelas VIII SMP Dharma Lestari Kota Salatiga, serta sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait penelitian seperti kegiatan pembelajaran tatap muka, kegiatan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPA saat pandemi covid-19 kelas VIII di SMP Dharma Lestari hasil dari angket peserta didik hasil dari indikator: Pembelajar Pendidik Guru dengan kategori sangat baik yaitu peserta didik dengan jawaban “Ya” memiliki rata-rata 93,3% terbukti guru mengajar dengan salam pembuka, kelas kondusif, sesuai kompetensi, mengunakan bahasa yang baik. Hasil dari indikator Perilaku atau aktivitas peserta didik dengan kategori cukup yaitu peserta didik dengan jawaban “Ya” memiliki rata-rata 60,8% yaitu peserta didik mengikuti ekstrakulikuler, membaca buku, melaksanakan solat dhuha, baksos, kerja bakti. Hasil dari indikator Iklim pembelajaran dengan kategori sangat baik yaitu peserta didik dengan jawaban “Ya” memiliki rata-rata 94,3% memperhatikan guru, mencatat pelajaran, berperan aktif. Hasil dari indikator Materi pembelajaran peserta didik dengan kategori sangat baik yaitu peserta didik dengan jawaban “Ya” memiliki rata-rata 94,5% materi sesuai tujuan, materi sesuai realitas kehidupan, pembelajaran berorientasi, bertanya materi, memberikan pertanyaan, mendengarkan materi, memperhatikan guru, bertanya tentang materi. Hasil dari indikator Media pembelajaran dengan kategori sangat baik yaitu peserta didik dengan jawaban “Ya” memiliki rata-rata 94,3% guru menggunakan media, media sesuai kompetensi, memahami media yang disediakan. Hasil dari indikator Sistem pembelajaran peserta didik dengan kategori sangat baik yaitu peserta didik dengan jawaban “Ya” memiliki rata-rata 87,5% peserta didik menjawab “Ya” dengan kategori baik berdoa, asmaul husna.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2021 13:37
Last Modified: 22 Feb 2021 13:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10416

Actions (login required)

View Item View Item