EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

FAUZ, ARIQ DHUL (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI KINGDOM ANIMALIA PADA SISWA KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ARIQ DHUL FAUZ .pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA materi Kingdom Animalia menggunakan model pembelajaran konvensional, unuk mengetahui hasil belajar IPA materi Kingdom Animalia menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS), serta mengetahui keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) terhadap hasil belajar IPA materi Kingdom Animalia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik Simple Random Sampling. Kelas VII 1 sebagai kelas kontrol dengan mengunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VII 2 sebagai kelas eksperiment dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Laerning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS). Teknik pengumpulan data dengan tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengambilan dilakukan dengan pretest-posttest soal, yang telah di uji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji taraf kesukaran dan uji daya pembeda soal. Adapun teknik data analisis penelitian adalah dengan uji t-test menggunakan bantuan program IMB SPSS Ststistict 22. Hasil penelitian ini menunjukan hasil belajar siswa kelas kontrol mengalami peningkatan dari nilai rata-rata Pretest 36,00 menjadi 67,60 setelah Posttest, sedangkan untuk kelas eksperimen juga megalami peningkatan dari rata-rata nilai Pretest 40,80 menjadi 78,80 setelah melakukan Posttest. Hasil perhitungan uji-t mrnunjukan nilai -11,200 < 2,011 dan P Value (0,002) < 0,05, maka hipotesis Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) efektif terhadap hasil belajar IPA materi kingdom animalia pada kelas VII MTs Nurussalam Tersono Tahun pelajaran 2020/2021.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2021 13:46
Last Modified: 22 Feb 2021 06:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10417

Actions (login required)

View Item View Item