DESKRIPSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING GOOGLE CLASSROOM (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AMBARAWA DI MASA PANDEMI COVID-19)

AMIN, KHOIRUL (2021) DESKRIPSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING GOOGLE CLASSROOM (STUDI KASUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AMBARAWA DI MASA PANDEMI COVID-19). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi-Khoirul Amin-23070160110.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Amin, Khoirul. 2020. Deskripsi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Google Classroom (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa di Masa Pandemi Covid-19). Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Muhammad Istiqlal,M.Pd. Kata Kunci : Deskripsi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Matematika, Google Classroom,Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Bagaimana model pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika berbasis Google Classroom siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa di masa pendemi Covid-19 (2) Bagaimana karakter disiplin, mandiri, tanggung jawab, kerja keras, dan kejujuran siswa dalam pembelajaran matematika berbasis Google Classroom kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa di masa pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini penulis menggunakan mateode Mix Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitaif dan kualitatif dalam satu penelitian. Dimana dalam penelitian ini metode kualitatif lebih dominan dari pada metode kuantitatif. Sumber data dari sumber primer dan sumber sekunder. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara dengan guru matematika, angket yang diberikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ambarawa dan dokumentasi yaitu RPP. Teknik analisis data terdiri dari analisis hasil kerja, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) bahwa dalam pembelajaran matematika berbasis Google Classroom di SMP Negeri 4 Ambarawa model pendidikan karakter yang diterapkan adalah dengan pengarahan-pengarahan kepada siswanya, dan memberi teladan kepada siswanya. Hal ini ditunjukkan dengan presensi tepat waktu, dalam pengumpulan tugas harus tepat waktu, saat ada siswa yang belum mengumpulkan tugas guru menghubungi siswa secara online. Selain itu juga guru menegur siswa melalui aplikasi Whatsapp jika beberapa kali siswa terlambat presensi dan mengumpulkan tugas dan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika terlaksana pada nilai-nilai sebagai berikut : 1) disiplin, 2) mandiri, 3) kerja keras, 4) jujur, dan 5) bertanggung jawab. (2) Untuk karakter disiplin, mandiri, kerja keras, dan jujur siswa kelas VIII dalam pembelajaran matematika ini sedang dan untuk karakter tanggung jawab tinggi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2021 13:58
Last Modified: 26 Feb 2021 03:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item View Item