Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) Peserta Didik Kelas VII A SMP Islam Plus Bina Insani Susukan Tahun Ajaran 2020/2021

WANGI, INDAH SEKAR (2021) Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) Peserta Didik Kelas VII A SMP Islam Plus Bina Insani Susukan Tahun Ajaran 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
INDAH SEKAR WANGI 23070160044-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematis, dan representasi verbal peserta didik kelas VII A SMP Islam Plus Bina Insani Susukan berdasarkan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan gaya kognitif Field Independent (FI). Penelitian ini termasuk peneitian kulitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yang diperoleh dari siswa kelas VII A SMP Islam Plus Bina Insani Susukan tahun pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) memiliki representasi visual yang kurang baik, walaupun dapat menggunakan ekspresi visual untuk menyelesaikan masalah tetapi masih terdapat kesalahan yaitu belum lengkap dalam menggambar diagram venn dan masih terdapat kesalahan dalam menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi diagram, tabel, atau grafik masih terdapat kesalahan. Selanjutnya representasi persamaan atau ekspresi peserta didik juga masih kurang baik, meskipun dapat membuat persamaan atau model matematika dari representasi lain yang diberikan dan dapat menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis namun masih terdapat kesalahan. Terakhir yaitu representasi verbal juga masih kurang baik, peserta didik tidak dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika menggunakan kata-kata dengan lengkap. (2) peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent (FI) memiliki representasi visual yang cukup baik, peserta didik dapat menggunakan ekspresi visual untuk menyelesaikan masalah dengan benar meskipun masih terdapat kesalahan dalam menyajikan kembali data atau informasi dari suatu representasi diagram, tabel, atau grafik. Selanjutnya Representasi persamaan atau ekspresi juga cukup baik, peserta didik dapat membuat persamaan dan dapat melibatkan ekspresi matematis untuk menyelesaikan masalah meskipun masih terdapat kesalahan yaitu dalam membuat model matematika dari representasi lain yang diberikan. Terakhir yaitu representasi verbal peserta didik cukup baik, peserta didik dapat menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika menggunakan kata-kata dengan lengkap.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2021 14:54
Last Modified: 24 Feb 2021 14:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10481

Actions (login required)

View Item View Item