PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PAMAN PERGI (PAPAN MACAM PERPINDAHAN ENERGI) SISWA KELAS V SEMESTER II MI NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Nurjanah, Dewi (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA PAMAN PERGI (PAPAN MACAM PERPINDAHAN ENERGI) SISWA KELAS V SEMESTER II MI NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI DEWI NURJANAH 23040150023.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewi, Nurjanah. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya Menggunakan Metode Picture and Picture dengan Media Paman Pergi (Papan Macam Perpindahan Energi) Siswa Kelas V Semester II MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna, S.Ag., M.Pd Kata Kunci:Hasil Belajar IPA, Metode Picture And Picture Dengan Media Paman Pergi (Papan Macam Perpindahan Energi) Hasil belajar IPA di MI Negeri Salatiga masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 70. Hal ini dikarenakan guru kurang kreatif dalam menggunakan metode yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan metode picture and picture dengan media papan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 panas dan perpindahannya pada siswa kelas V semester II MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA tema 6 panas dan perpindahannya pada siswa kelas V semester II MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Negeri Salatiga yang berjumlah 30 siswa meliputi 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisa secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode picture and picture dengan media papan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema 6 panas dan perpindahannya pada siswa kelas V semester II MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2019/2020. Hal ini di buktikan dari data per siklus, sebagai berikut: hasil pra siklus 30% (9 siswa) yang tuntas, sedangkan 70% (21 siswa) tidak tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I 57% (17 siswa) tuntas dan 43% (13 siswa) tidak tuntas KKM. Pada siklus II 90% (27 siswa) tuntas KKM sedangkan 10% (3 siswa) tidak tuntas KKM. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari pra siklus ke siklus I meningkat 27% dan dari siklus I ke siklus II yaitu 33%. Siswa yang memperoleh nilai KKM ≥ 70 dari siswa secara keseluruhan mencapai 90%. Siklus ini dihentikan karena telah mencapai indikator keberhasilan individual dan klasikal ≥ 85% siswa tuntas belajar. Siswa yang belum tuntas akan diberikan remidial.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2021 10:30
Last Modified: 02 Mar 2021 03:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10530

Actions (login required)

View Item View Item