ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL ( SPLDV ) KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SURUH

Sabrina, Anisa (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENURUT KASTOLAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL ( SPLDV ) KELAS X SMK MUHAMMADIYAH SURUH. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ANISA SABRINA 23070160092.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel berdasarkan tahapan Kastolan pada kelas X SMK Muhammadiyah Suruh Tahun Ajaran 2020/2021. (2) Untuk Mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada kelas X SMK Muhammadiyah Suruh Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yang digunakan dipilih dengan teknik purposive sampling dipilih 5 dari 32 siswa kelas X TBSM B SMK Muhammadiyah Suruh, dikarenakan 5 siswa tersebut memiliki nilai terendah pada ujian yang telah dilakukan oleh guru mata pelajaran sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes tertulis dan metode wawancara yang dilakukan kepada guru dan siswa yang mengalami kesalahan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang didefinisikan menurut Kastolan didapat bahwa (1) Siswa mengalami tiga kesalahan yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal. (2) Adapun faktorfaktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV adalah dalam kesalahan konseptual siswa tidak memahami soal, siswa salah menafsirkan istilah untuk kemudian dijadikan model matematika, dan siswa tidak menggunakan metode yang tepat. Untuk faktor penyebab kesalahan prosedural yaitu siswa tidak melakukan langkah – langkah dengan tepat dan siswa tidak mampu menyelesaikan soal pada tahap yang sederhana, sedangkan faktor penyebab kesalahan teknikal adalah siswa kurang teliti dalam menjawab soal dan siswa tidak melakukan pengecekan kembali pada hasil pengerjaannya.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2021 11:06
Last Modified: 03 Mar 2021 11:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item