Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Penanaman Sayur di Pekarangan (Studi Kasus pad Kelompok Wanita Tani Masyitoh Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo)

FAUZI, NUR (2021) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Penanaman Sayur di Pekarangan (Studi Kasus pad Kelompok Wanita Tani Masyitoh Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Nur Fauzi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fauzi, Nur. 2020. Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Penanaman Sayur di Pekarangan Studi Kasus pada Kelompok WAnita Tani Masyitoh di Desa Blederan Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing : Dr. Achmad Maimun, M. Pd. Kata Kunci : Pemberdayaan, Kelompok Wanita Tani Masyitoh, Penanaman sayur Pekarangan Pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Masyitoh merupakan program pemberdayaan. Tujuan Pemberdayaan masyarakat adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kemandiraian masyarakat. Program pemberdayaan yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Masyitoh dalam penanaman sayur pekarangan untuk memenuhi kebutuhan sayur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Kelompok Wanita Tani Masyitoh melalui program penanaman sayur pekarangan. Menggali faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pemberdayaan masyarakat di Kelompok Wanita Tani Masyitoh dan hasil yang di capai dalam pemberdayaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif diskriptif untuk menggambarkan dan menganalisa suatu keadaan pada objek penelitian. Bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dalam mengumpulkan data. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan teknik analisa Milles-Huberman yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisaan data. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut: (1) Proses pemberdayaan masyarakat di Kelompok Wanita Tani Masyitoh melalui program penanaman sayur pekarangan dapat dilihat dari tahapan-tahapan pemberdayaan yaitu pertama, tahapan pemaparan masalah; kedua, tahapan analisis masalah; ketiga, penentuan tujuan; keempat, tahapan perencanaan kegiatan; kelima, tahapan pelaksanaan kegiatan; keenam, tahapan evaluasi. (2) Hasil dari pemberdayaan masyarakat yang telah di capai antara lain, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan sayur keluarga, dapat menambah penghasilan keluarga, menjadi kampung wisata sayur, mendapat penghargaan proklim. (3) Faktor pendukung dan Penghambat dalam pemberdayaan kelompok wanita. Pertama, faktor pendukung: semangat masyarakat, sumber daya alam, dukungan dari pemerintah, LPTP dan pihak terkait. Kedua, faktor penghambat Kurangnya kekompakan masyarakat, cuaca tidak menentu, belum memiliki lahan sendiri, penjualan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2021 12:27
Last Modified: 12 Mar 2021 02:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10548

Actions (login required)

View Item View Item