PENGARUH INTENSITAS MENONTON SINETRON PINTU BERKAH TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN AJARAN ISLAM (Studi pada Ibu-Ibu di RW004 Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2020)

Ulya, Nurul Faizatul (2021) PENGARUH INTENSITAS MENONTON SINETRON PINTU BERKAH TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN AJARAN ISLAM (Studi pada Ibu-Ibu di RW004 Kelurahan Langensari Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2020). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FIX banget.pdf

Download (2MB)

Abstract

Apapun yang ditayangkan oleh lebih dari 10 stasiun televisi berskala nasional, dan sejumlah besar stasiun televisi lokal sebagai media informasi dan media hiburan, akan menimbulkan pengaruh pada pembentukan cara pandang atau persepsi umum yang ada di dalam masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini antara lain : Bagaimana intensitas menonton sinetron pintu berkah di RW004 Kelurahan Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, bagaimana peningkatan pemahaman ajaran Islam ibu-ibu di RW004 Kelurahan Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang, dan apakah intensitas menonton sinetron pintu berkah mempengaruhi peningkatan pemahaman ajaran Islam pada ibu-ibu di RW004 Kelurahan Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis regresi, sampel penelitian ini adalah ibu-ibu di RW004 Kelurahan Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang dengan menggunakan metode pengambilan data Multistage Random Sampling. Dari jumlah populasi sebanyak 451 didapatkan sampel sebanyak 212 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah intensitas menonton sinetron pintu berkah termasuk kategori baik karena TCR pada variabel intensitas menonton sinetron sebesar 81,9% artinya intensitas menonton sinetron Pintu Berkah tergolong baik. Intensitas menonton sinetron Pintu Berkah yang baik membawa dampak positif terhadap peningkatan pemahaman ajaran Islam ibu-ibu, sehingga peningkatan pemahaman ajaran Islam pada ibu-ibu di RW004 Kelurahan Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang berjalan dengan sangat baik dengan TCR 80,2%. Pengaruh variabel intensitas menonton sinetron Pintu Berkah terhadap peningkatan pemahaman ajaran Islam pada ibu-ibu sebesar 66,8%. Koefisien regresi dalam penelitian ini menunjukkan hasil yang positif, maka kedua variabel memiliki hubungan searah, artinya jika variabel X tinggi maka variabel Y akan meninggi pula. Dengan begitu, 66,8 variabel intensitas menonton sinetron pintu berkah mampu menjelaskan peningkatan tentang pemahaman ajaran Islam. sedangkan sisanya 33,2% dipengaruhi variabel lain di luar dalam penelitian ini.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2021 14:33
Last Modified: 03 Mar 2021 14:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10550

Actions (login required)

View Item View Item