ANALISIS GAYA BAHASA SLOGAN-SLOGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SDN KARANGJATI 04, KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG) TAHUN 2020

Muna, Hana Hidayatul (2021) ANALISIS GAYA BAHASA SLOGAN-SLOGAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SDN KARANGJATI 04, KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG) TAHUN 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hidayatul Muna, Hana. 2020.Analisis Gaya Bahasa Slogan-Slogan Di Lingkungan Sekolah (Studi Kasus Di SDN Karangjati 04, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang) Tahun 2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaitah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam NegeriSalatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci : Gaya bahasa, semantik, leksikal, gramatikal, slogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gaya bahasa yang terdapat pada slogan-slogan di SDN Karangjati 04, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang dan (2) untuk mengetahui makna semantik slogan-slogan di SDN Karangjati 04, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan untuk menjawab semua permasalahan yang ada yaitu metode dokumentasi dan wawancara. Proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan proses pengumpulan data yang dikerjakan secara intensif sampai berakhirnya penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) jenis slogan yang ada di SDN Karangjati 04 berjumlah 12 buah dan terbagi menjadi 4 jenis terdiri dari 3 slogan pendidikan, 3 slogan agama, 3 slogan kebersihan, dan 3 slogan motivasi dengan 9 jenis gaya bahasa yang berbeda yaitu 2 gaya bahasa sinekdok, 1 gaya bahasa sinekdok pars prototo, 3 gaya bahasa repetisi mesodiplosis, 1 gaya bahasa hiperbola, 1 gaya bahasa paralelisme, 1 gaya bahasa pertanyaan retoris, 2 gaya bahasa metafora, dan 1 gaya bahasa paradoks. (2) makna semantik slogan-slogan di lingkungan SDN Karangjati 04 terbagi menjadi 2 yaitu semantik leksikal dan semantik kontekstual.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2021 13:07
Last Modified: 05 Mar 2021 13:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10556

Actions (login required)

View Item View Item