PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI MATERI TRADISI ISLAM NUSANTARA DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IX MTs HIDAYATULLAH PUNDENARUM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Hakim, Agus Lukman (2021) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SKI MATERI TRADISI ISLAM NUSANTARA DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWA KELAS IX MTs HIDAYATULLAH PUNDENARUM DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
AGUS LUKMAN KHAKIM 111-13-248.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran SKI materi tradisi islam nusantara siswa kelas IX MTs Hidayatullah Pundenarum Karangawen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan Teknik Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen pembelajaran yang digunakan berupa satuan pelajaran, lembar observasi dan tesuraian. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IX MTs Hidayatullah Pundenarum Karangawen Demak yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dimulai dengan menentukan focus masalah, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan dan monitoring, kemudian refleksi dan analisis. Teknik penelitian melalui teknik tes dan non-tes. Aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa yang menjadi bahan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar SKI kelas IX MTs Hidayatullah Pundenarum Karangawen Demak tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada tes hasil belajar prasiklus terdapat 6 siswa atau 23% yang tuntas dan 20 siswa atau 77% belum tuntas dengan hasil rata-rata 65,19. Pada siklus I ini yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa atau 50% dan 13 siswa belum tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 73,08. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata naik menjadi 80,19 dengan siswa yang tuntas naik sebanyak 22 siswa atau 85% sedangkan sebanyak 4 siswa atau 15% belum tuntas dikarenakan kurang serius dan kurang memperhatikan pelajaran sehingga siswa tersebut kurang memahami materi yang disampaikan. Pencapaian 85% artinya jumlah siswa yang tuntas sudah sesuai dengan kriteria KKM yang sudah ditetapkan, maka penelitian tindakan kelas dinyatakan berhasil.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2021 13:42
Last Modified: 05 Mar 2021 13:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item