Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Nilai Humanistik Religius dan Implikasinya Terhadap Budaya Toleransi di SMA Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2020

ANHARI, HAMZAH (2021) Implementasi Pembelajaran PAI Berbasis Nilai Humanistik Religius dan Implikasinya Terhadap Budaya Toleransi di SMA Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang Tahun 2020. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
hamzah anhari tesis fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang nilai humanistik religius dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam membangun budaya toleransi. Ada hal utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) kebijakan SMA Negeri 1 Ungaran, 2) implementasi pembelajaran PAI berbasis nilai humanistik religius, 3) implikasinya terhadap budaya toleransi di SMAN 1 Ungaran Kabupaten Semarang. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik untuk menggali data dari kepala SMA Negeri 1 Ungaran, para guru dan siswa dari SMA Negeri 1 Ungaran Kabupaten Semarang, melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik. Temuan hasil penelitian ini, yaitu kebijakan sekolah yang memberi ruang bagi guru dan siswa untuk mengembangkan kreativitas melalui pembentukan organisasi keagamaan (Rohis, PD Katolik dan PD Kristen), sikap saling menghormati dalam proses pembelajaran di kelas dan muatan nilai toleransi dalam pembelajaran PAI (kebebasan, kerja sama, kekeluargaan dan kesamaan derajat). Sikap toleransi dalam beragama adalah menghargai pendapat sesama muslim dan menghormati keyakinan agama lain dengan tidak bersikap sinkretis yaitu menyamakan keyakinan agama lain dengan keyakinan Islam itu sendiri, menjalankan keyakinan dan ibadah masing-masing. Kata kunci: kebijakan, pembelajaran PAI, humanistik religius, toleransi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2021 14:47
Last Modified: 08 Mar 2021 03:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item