Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Manusia dan Lingkungan

Khafid, Mohammad Abdul (2021) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Materi Manusia dan Lingkungan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_MOHAMMAD ABDUL KHAFID_12020170028.PDF

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Lingkungan Sekitar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Manusia dan Lingkungan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan tentang pengembangan LKS yang ada, bentuk desaign pengembangan LKS, dan efektifitas dari produk LKS yang telah dikembangkan. Adapun subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Imaduddin Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan metode Reasearch and Development (RnD). Dengan metode ini diharapkan peneliti akan mudah dalam mengetahui kebutuhan dan mengembangkannya. Uji coba dilakukan dua kali. Uji coba skala terbatas melibatkan 10 peserta didik kelas 5A dan ujicoba skala besar melibatkan 25 peserta didik kelas 5B. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya kebutuhan pengembangan LKS dari unsur kebahasaan, isi, kegrafikan, penyajian, dan pendekatan (2) Hasil pengembangan berupa LKS berbasis lingkungan sekitar melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), yang divalidasi oleh ahli materi, ahli desaign dan praktisi (guru) meliputi lima aspek. kegrafikan 71%, kelayakan isi 88%, kelayakan kebahasaan 80%, kelayakan penyajian 75%, kelayakan CTL 80%. (3) LKS berbasis lingkungan sekitar dengan pendekatan CTL terbukti efektif. Hal ini dibuktikan meningkatnya hasil belajar peserta didik dengan signifikansi uji t bernilai Ho < 0,5, dan uji Gain sebesar 0,429 dengan kategori sedang. Kata Kunci: LKS, Lingkungan Sekitar, Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2021 08:46
Last Modified: 15 Mar 2021 02:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item