PROBLEMATIKA PENGASUHAN ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK (Studi Analisis Kritis Terhadap Tiga Pola Asuh Orangtua Dalam Mendidik Akhlak Anak di SMP Negeri 9 Salatiga Tahun 2018)

Utomo, Danang Adi (2021) PROBLEMATIKA PENGASUHAN ORANGTUA DALAM MENDIDIK ANAK (Studi Analisis Kritis Terhadap Tiga Pola Asuh Orangtua Dalam Mendidik Akhlak Anak di SMP Negeri 9 Salatiga Tahun 2018). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI DANANG ADI UTOMO 111-14-217.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang diterapkan orangtua dalam mendidik akhlak anak di SMP N 9 Salatiga serta faktor apa saja yang mempengaruhi akhlak anak dan bagaimana alternatif solusi yang dilakukan orangttua untuk mengatasi problematika mendidik akhlak anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi analisis kritis yang dimana hasil penelitian ini berupa data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang yang di amati. Kemudian pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memperoleh jawaban sebagai berikut: (1) Pola pendidikan yang dilakukan walimurid SMP N 9 Salatiga menggunakan pola asuh demokratis dan otoriter dalam mendidik akhlak anak. (2) Faktor-faktor sangat mempengaruhi akhlak anak yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari lingkungan keluarga inti, disinilah peranan keluarga inti menjadi sangat penting dalam pendidikan akhlak anak sebab keluarga inti merupakan tempat pertama pendidikan keluarga. Dan yang ke dua berasal dari faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah, lingkungan rumah, pergaulan, dan tontonan. (3) Alternatif solusi yang didapat dari para informan dapat ditarik pemahaman dimana setiap orangtua selalu mengusahakan solusi yang terbaik dalam mengatasi segala permasalahan yang dihadapi oleh anak-anak mereka. Sebagian besar dari mereka melakukannya dengan memotivasi dan menasehati anak-anak mereka, dengan harapan dari semua ini anak-anak menjadi lebih peracaya diri dan lebih selektif dalam mengambil suatu keputusanb. Akan tetapi ada juga yang mengatasi tersebut dengan memberikan hukuman yang diharapkan dapat memberikan efek jera.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2021 07:56
Last Modified: 07 Apr 2021 03:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/10619

Actions (login required)

View Item View Item