Analisis Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Salafiah Untuk Menumbuhkan Minat dan bakat Santri dalam Berwirausaha (Studi Kasus di Pondok Pesantren Asta'in Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun 2020)

, Okwida Kris Imawan (2021) Analisis Strategi Komunikasi Pondok Pesantren Salafiah Untuk Menumbuhkan Minat dan bakat Santri dalam Berwirausaha (Studi Kasus di Pondok Pesantren Asta'in Tingkir Lor Kota Salatiga Tahun 2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Okwida Kris Imawan I C.pdf

Download (3MB)

Abstract

Cahaya, Okwida Kris Imawan Indra. 2020. ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PONDOK PESANTREN SALAFIAH UNTUK MENUMBUHKAN MINAT DAN BAKAT SANTRI DALAM BERWIRAUSAHA. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pondok Pesantren, Minat dan Bakat santri, Berwirausaha Perkembangan zaman dan kemajuan di berbagai bidang yang semakin pesat ini tentunya lembaga pendidikan keagamaan Pondok Pesantren memiliki berbagai macam inovasi untuk membekali santrinya. Salah satunya yaitu dengan kegiatan wirausaha dengan teteap megedepankan kegiatan utama yang ada di Pondok Pesantren. Dengan strategi dan perencanaan komunikasi yang baik diharapkan Pondok Pesantren mampu membekali santri-santrinya sehingga dapat memiliki keterampilan tambahan, hal itu tentunya sangat berguna dan bermanfaat saat mereka telah kembali ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi komunikasi Pondok Pesantren untuk menumbuhkan minat dan bakat santri dalam berwirausaha (2) mengetahui proses komunikasi yang terjadi saat melakukan kegiatan wirausaha. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi yang digunakan untuk menumbuhkan minat dan bakat santri dalam berwirausaha sesuai dengan hasil analisa di pesantren tersebut dengan menggunakan alat bantu wawancara, dokumentasi, serta observasi, yaitu menggunakan strategi komunikasi melakukan edukasi secara langsung kepada santri untuk belajar berwirausaha dan mengajak santri untuk praktek langsung ke lapangan. Metode strategi komunikasi yang digunakan adalah metode redudancy (repetition). Untuk proses komunikasi adalah komunikasi primer, salah satu ciri dari komunikasi primer adalah penyampaianya secara langsung dengan bahasa, isyarat, gambar, maupun tulisan tanpa melalui perantara.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2021 14:43
Last Modified: 23 Mar 2021 02:55
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item